Usai Puskesmas Kowel di Sidak, Begini Kata Kadinkes Pamekasan

Habibi - Rabu, 09 Agustus 2023 18:15 WIB
Usai Puskesmas Kowel di Sidak, Begini Kata Kadinkes Pamekasan
istimewa
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan
bulat.co.id -PAMEKASAN | Usai dilakukan sidak oleh anggota DPRD Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, ke fasilitas kesehatan tingkat pertama Puskesmas Kowel yang ditemukan adanya sejumlah obat-obatan kadaluarsa, kini temuan itu mendapatkan perhatian serius oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pamekasan.

Advertisement

Baca Juga:

"Obat-obatan kadaluarsa di Puskesmas Kowel itu merupakan obat-obatan sisa pengadaan tahun 2020. Seharusnya, obat-obatan itu dikirimkan ke gudang farmasi untuk dimusnahkan." kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Sjaifuddin, Rabu (9/8/23).

Baca Juga :Obat Kadaluarsa Ditemukan saat DPRD Sidak Sejumlah Faskes di Pamekasan

Lanjut Mantan Kepala Puskesmas Palengaan itu menambahkan, kondisi obat-obatan itu seharusnya dilaporkan rutin setiap bulan. Baik obat yang sudah digunakan atau yang sudah tidak bisa digunakan. Untuk obat-obatan yang sudah habis masa berlakunya, akan dimusnahkan.

"Nanti akan kami tarik untuk dimusnahkan. Kepala Puskesmas juga perlu memisahkan tempat obat-obatan yang sudah kedaluarsa agar tidak bercampur. Namun keterlibatan pihak ketiga juga diperlukan untuk memusnahkan obat tersebut, karena itu membutuhkan teknik dan alat khusus," tegasnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru