Kadis DPMPPTSP Sumut : Galian C di Pante Cendana Batang Serangan Ilegal

Ahmad - Kamis, 27 Juli 2023 13:07 WIB
Kadis DPMPPTSP Sumut : Galian C di Pante Cendana Batang Serangan Ilegal
Ahmad

bulat.co.id -LANGKAT | Aktivitas penambangan pasir dan batu (sirtu) di dekat Pante Cendana, Desa Sei Bamban, Kecamatan Batang Serangan, Langkat pada kordinat 3.74251 LU dan 98.21380 BT dinyatakan ilegal. Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Sumut H Faisal Arif Nasution SSos MSi, Rabu (26/7/2023) sore.

Advertisement

"Lokasinya itu, tumpang tindih dengan izin CV Sejahtera Alam. Karena ada juga yang ngajukan permohonan Surat Izin Penambangna Batuan (SIPB) atas nama tersebut. Kami pun bingung ini, kok bisa namanya sama. Tapi pastinya, ilegal itu," tegas Faisal.

Baca Juga:
Baca Juga :Diduga Beroperasi di Luar Kordinat IUP, Penambang Galian C Terkesan Kebal Hukum

Pastinya, kata Faisal, kalau sifatnya masih mengajukan permohonan SIPB, tidak bileh melakukan penambangan di lokasi tersebut. Karena, lokasi itu berada di luar kordinat yang memiliki izin.

Saat ini, Faisal mengatakan, pihak DPMPPTSP Sumut sedang menelusuri oknum yang mengajukan permohonan SIPB serupa dengan nama CV Sejahtera Alam. Hal itu pun diakui Faisal sebagai sebuah kerancuan.

"Kalau tentang pertambangan, itu kan terkait dengan lingkungan. Jadi, bila lingkungan itu rusak akibat pertambangan, itu kan mengarah ke pidana. Maka, lokasi yang ditambang itu harus memiliki izin. Karena, nantinya akan ada tanggung jawab pemegang izin untuk memperbaiki lingkungan," tegas Faisal.

Sebelumnya, meskipun sempat berhenti menambang, excavator yang diduga beroperasi di luar kordinat Izin Usaha Pertambangan (IUP) kini barktivitas kembali. Pengerukan material pasir dan batu (sirtu) di Dusun Tahun XI, Desa Sei Bamban, Kecamatan Batang Serangan, Langkat itu pun terkesan tak tersentuh hukum.

Pantauan awak media di lokasi tambang, persisnya di objek wisata Pante Cendana, Selasa (25/7/2023) siang, excavator yang beroperasi pada kordinat 3.74251 LU dan 98.21380 BT itu, sedang mengisi material sirtu ke bak truk.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru