Kemarau, Debit Air Sumur di Beberapa Wilayah Pemalang Menyusut

- Selasa, 25 Juli 2023 21:16 WIB
Kemarau, Debit Air Sumur di Beberapa Wilayah Pemalang Menyusut
Ragil
Kemarau, sumur di wilayah Kabupaten Pemalang mulai banyak yang mengalami kekeringan.
bulat.co.id -PEMALANG | Beberapa bulan terakhir sumur di wilayah Kabupaten Pemalang mulai banyak yang mengalami kekeringan. Hal itu disebabkan dampak dari musim kemarau.


Mesinpompa air di beberapa wilayah rumah-rumah penduduk tak lagi mengalirkan air seperti biasanya. Debit air relatif kecil yang disebabkan menipisnya ketersediaan di dalam sumur.

Advertisement
Baca Juga :Curug Bengkawah, Destinasi Wisata Alam Tersembunyi Desa si Kasur Pemalang

Usman, warga Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, menuturkan jika keadaan ini sudah dialaminya selama beberapa bulan ini. "Sudah tiga bulan ini air mengalirnya kecil. Itu pun harus menunggu lama setelah mesin pompa air nyala. Sepertinya debit air di sumur kering," kata Usman, Selasa (25/7).

Baca Juga:


Lebih lanjut Usman mengatakan, jika siang hari dari pukul 12:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB, air tak dapat lagi naik meski mesin pompa air berkali-kali dihidupkan. Baru setelah magrib atau pukul 18:00 WIB, air bisa mengalir. "Bisa naik ke atas air, itu pun kecil mengalirnya," ujarnya.

Baca Juga :Pemalang Gelar Pekan Olahraga">Sambut HUT RI, Rutan Pemalang Gelar Pekan Olahraga

Hal yang sama dialami Agus, tetangga Usman, debit air sumurnya juga mengalami penyusutan. Kendati sumur miliknya sudah digali lebih dalam lagi baru-baru ini, air yang keluar dari mata air masih juga kecil.


"Sebelumnya dalamnya sekitar 10 meter, kemarin sumurnya sudah digali lagi lebih dalam, menjadi 12 meter lebih. Tapi memang air yang keluar masih sedikit. Mungkin karena musim kemarau, jadi kering," tuturnya.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru