Tanggapan Dokter Terkait Kekurangan Oksigen di Stadion Kanjuruhan

- Minggu, 02 Oktober 2022 09:31 WIB
Tanggapan Dokter Terkait Kekurangan Oksigen di Stadion Kanjuruhan
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal atas kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Penyebab kematian disebutkan karena kekurangan oksigen yang terjadi akibat penumpukkan massa.

Advertisement

"Terjadi penumpukan. Di dalam proses penumpukan itulah terjadi sesak nafas kekurangan oksigen," kata Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta saat memberikan keterangan di Mapolres Malang, dikutip dari detikJatim, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga:

Terkait dampak kekurangan oksigen, spesialis paru dari RS Paru Persahabatan dr Agus Dwi Susanto mengatakan kondisi ini bisa mengancam jiwa. Kekurangan oksigen atau asfiksia bisa menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

"Seseorang yang mengalami kondisi kekurangan oksigen dalam 40 sampai 60 detik akan tidak sadar dan bila berlanjut dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya dan mengancam jiwa," kata dr Agus kepada detikcom, Minggu (2/10/2022).

Dikutip dari detikcom, asfiksia atau mati lemas terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Tanpa intervensi segera, dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, cedera otak, atau kematian.

Ada banyak kemungkinan penyebab asfiksia di antaranya menghirup bahan kimia atau mengalami cedera. (Red)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru