Hari Pertama Lipat dan Sortir, KPU Binjai Temukan 2 Surat Suara Rusak

Hendra Mulya - Rabu, 10 Januari 2024 14:17 WIB
Hari Pertama Lipat dan Sortir, KPU Binjai Temukan 2 Surat Suara Rusak
Istimewa
bulat.co.id - BINJAI | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, mulai melakukan pelipatan sekaligus penyortiran surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Pelipatan dan penyortiran dipusatkan di dua titik yakni di Kantor KPU dan aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Binjai Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatra Utara, Rabu (10/1/24).


1. Segini honor yang diterima petugas lipat dan sortir surat suara per lembar

Kegiatan sendiri langsung mendapat pantauan dari seluruh Komisioner KPU dan Bawaslu serta pengawalan dari pihak kepolisian. Ada ratusan masyarakat yang dilibatkan dalam melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara.

Ketua KPU Binjai Anto Indriatno didampingi Komisioner KPU serta Bawaslu mengatakan, dalam melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara. Pihaknya melibatkan sekitar 200 orang masyarakat se Kota Binjai. "Untuk upah (honor) yang diberikan dalam pelipatan satu surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota, sebesar RP. 350 rupiah," kata Anton.


2. Selain masyarakat, seluruh staf KPU dilibatkan untuk memberikan pengarahan

Dalam peliatan dan penyortiran surat suara ini, jelas dia, selain melibatkan masyarakat, pihak KPU juga melibatkan tenaga pendukung dan staff guna melakukan pengawasan secara langsung. Atau untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta memberi pengarahan kepada petugas pelipat surat suara.

"Untuk melakukan pelipatan dan peryortiran surat suara Presiden dan Wakil Presiden. Kita memberi honor sebesar Rp. 250 rupiah untuk satu surat suara," papar Anton.


3. Hari pertama lipat dan sortir, KPU temukan 2 surat suara yang rusak

Untuk hari pertama ini, diakui dia, pihak KPU mulai melakukan pelipatan dan peryortiran surat suara DPR RI dengan jumlah sebanyak 220.651 lembar ditambah surat cadangan. Dalam pelaksanan setiap harinya, pelipatan dan penyortiran surat suara akan dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Dalam pelipatan dan penyortiran ini, kita menargetkan seluruh surat suara akan terselesai dalam waktu 5 sampai 6 hari kedepan. Dan dihari pertama ini kita menemukan 2 surat suara rusak (robek)," tegas Anton.

Untuk diketahui, surat suara Pemilu 2024 mulai dari tingkat Presiden dan Wakil Presidan, DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi serta DPRD Kota, sudah diterima keseluruhan secara bertahap pada hari Senin tanggal 8 Januari 2024. Adapun total keseluruhan surat suara yang diterima oleh KPU Binjai sekitar 1,1 juta surat suara.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru