Pj. Gubernur NTT Hadiri Upacara Peringatan HUT ke – 79 TNI

Riki Cowang - Sabtu, 05 Oktober 2024 18:00 WIB
Pj. Gubernur NTT Hadiri Upacara Peringatan HUT ke – 79 TNI
ist
Pj. Gubernur NTT Hadiri Upacara Peringatan HUT ke – 79 TNI
bulat.co.id - Penjabat Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tingkat Provinsi NTT yang mengusung tema "TNI modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Sukseskan Pimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju", di Mako Lantamal VII Kupang pada Sabtu (5/10/2024).

Bertindak sebagai Inspektur upacara ini adalah Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna, M.Tr.Opsla dan Komandan Upacara (Danup) Danden Zibang 1 Kupang Letkol Czi Yudha Permana, S.Kom.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto pada amanat yang dibacakan oleh Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna, M.Tr.Opsla. mengatakan, "Tema TNI tahun ini, yaitu "TNI modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Sukseskan Pimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju" sangat relevan dalam mewujudkan semangat dan tujuan TNI sebagai sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern dan adaktif dalam mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara," jelas Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto.

Ia menyebutkan, TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dalam mewujudkan Indonesia maju.

"Dengan semakin dekatnya masa transisi, dimana bukan hanya transisi kepindahan Ibu Kota Negara tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap Prajurit TNI harus tetap waspada terhadap isu-isu yang bisa menghancurkan sinergitas TNI. Untuk itu beberapa penekanan kepada seluruh Prajurit untuk dipedomani dan dilaksanakan, Pertama Perkokoh iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, Pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Ketiga, meningkatkan kewaspadaan dan Profesionalitas serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks. Keempat, terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak yang tahapannya sedang berlangsung saat ini, selalu jaga netralitas TNI, bangun koordinasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, semua instansi dan semua komponen bangsa guna menjamin terlaksananya Pilkada Serentak yang aman, tertib dan lancar. Kelima, laksanakan setiap tugas dengan penuh ketaatan untuk kepentingan bangsa dan negara," urainya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Atraksi Bela Diri Tri Matra, Defile Pasukan Upacara, Pemotongan tumpeng oleh Matra berprestasi sebagai bentuk ungkapan syukur peringatan HUT ke – 79 TNI tahun ini serta Pameran Alutsista dan Panggung Prajurit yang disaksikan oleh Tamu Undangan dan Masyarakat Umum.

Turut hadir pada kesempatan ini, Ketua Sementara DPRD Provinsi NTT, Ir. Emelia Julia Nomleni, Wakil Ketua DPRD Sementara, Fernando Soares, Komandan Korem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, S.E, M.M, Komandan Lanud El Tari Marsma TNI Djoko Hadipurwanto, S.E, M.M, Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H, M.A, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) NTT Puguh Sadadi, Penjabat Walilota Kupang, Linus Lusi, S.Pd, M.Pd, dan Unsur Maritim.

Advertisement
Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru