Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 RI Tingkat Provinsi NTT

Riki Cowang - Sabtu, 17 Agustus 2024 15:53 WIB
Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 RI Tingkat Provinsi NTT
ist
Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake Pimpin Upacara Peringatan HUT RI ke - 79
bulat.co.id - Upacara Detik-detik Proklamasi dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke - 79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tingkat Provinsi NTT di Alun - Alun Rumah Jabatan Gubernur NTT pada Sabtu (17/8) pukul 08.00 WITA berlangsung dalam suasana khidmat.

Advertisement
Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake, SH., MDC bertindak selaku Inspektur Upacara didampingi Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi NTT, Sofiana Milawati Kalake dimana keduanya mengenakan Busana Adat Nunkolo dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Adapun Peringatan HUT RI ke – 79 tahun ini mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" dan Sub Tema : "Nusa Tenggara Timur Maju dan Sejahtera Menyongsong Indonesia Emas 2045". Bertindak selaku Perwira Upacara, Mayor CBA Dewa Gede Swela dan Komandan Upacara, Letnan Kolonel Infantri Hery Mujiono.

Baca Juga:

Rangkaian upacara diawali pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi NTT, Emilia Nomleni dan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Yulius B. Repa, Gregorius G. Dahut dan Abdi F. Nubatonis selaku pengibar serta Dewantari N. Iwamony selaku pembawa baki.

Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake dalam amanatnya menyatakan sebagai bangsa yang merdeka, bersatu dan berdaulat, diperlukan semangat untuk terus menatap optimis masa depan bangsa dan negara, dalam semangat Nusantara Baru Indonesia Baru serta kerja kolaborasi antar seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

"Untuk itu pada kesempatan ini, perkenankan saya menegaskan beberapa hal. Pertama, kita harus menyadari bahwa NTT ini sangat kaya dengan berbagai potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang unik dan eksotik, tinggal kemauan dan kerja keras kita disertai kualitas SDM yang mumpuni untuk mengelolanya, agar memberi dampak kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh lapisan masyarakat NTT,"

"Kedua, berbagai potensi yang ada, baik manusia maupun alam, mestinya menjadi prioritas untuk diberdayagunakan demi pembangunan daerah yang berkelanjutan,"

"Ketiga, perilaku dan infrastruktur masyarakat kita akan mengalami perkembangan dan kemajuan, apabila generasi-generasi muda kita dipersiapkan secara matang untuk belajar dari orang lain atau pihak lain yang ada di luar daerah kita. Berbagai pembelajaran, pelatihan dan spirit untuk belajar dari yang lebih profesional mesti ditingkatkan," ujar Ayodhia Kalake.

Pada kesempatan yang sama, Ayodhia turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas kontribusinya dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan berbagai capaian selama kepemimpinan sebagai Penjabat Gubernur NTT.

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada, Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo serta seluruh Jajaran Kabinet Indonesia Maju yang terus memberi perhatian khusus bagi masyarakat dan pembangunan NTT.

Anggota DPR/DPD asal NTT Periode 2019-2024 yang telah memberi perhatian bagipembangunan daerah ini, Pimpinan, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT Periode 2019-2024 atas dukungan dan kemitraan dalam penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di daerah ini.

Para Bupati dan Walikota se-NTT atas dukungan, kerja sama dan komitmen dalam memajukan daerah ini.

Keempat, Unsur Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-NTT yang telah dan terus bersinergibersama Pemerintah Provinsi dalam membangun daerah ini. Seluruh Masyarakat NTT warga Flobamorata yang kami cintai, para tokoh agama, tokohadat, tokoh perempuan dan pemuda, para sesepuh NTT, perguruan tinggi, badan danlembaga internasional atas berbagai sumbangan bermakna yang telah dan terus diberikankepada Pemerintah dalam membangun dan memajukan daerah ini dan juga Rekan-rekan wartawan baik media cetak, maupun media elektronik yang telah dan senantiasa mengontrol pemerintah, mengedukasi masyarakat dan memperluas informasi pembangunan," urainya.

Ia berharap perayaan HUT RI ke - 79 ini, terus memelihara sikap optimis dalam membangun NTT juga melawan sejumlah musuh endemik di Provinsi ini yaitu stunting, kemiskinan dan keterbelakangan secara sungguh-sungguh memanfaatkan segala kekayaan sumber daya.

"Dengan spirit kepahlawanan, kita harus menjadi pejuang yang pantang menyerah dimasa sulit ini. Wujudkanlah karya-karya hebat, agar menjadi legacy mulia kepada siapapun dan dimanapun, sebagai bukti bahwa kita adalah bangsa pejuang yang hebat dan tangguh. Untuk Nusantara Baru Indonesia Maju," tutupnya.

Perayaan HUT RI ke – 79 ini turut dimeriahkan oleh penampilan Drumband SMA Negeri 7 Kupang, Penayangan Kaleidoskop Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2024, Penayangan Vidio Penghargaan yg diterima Pemerintah Provinsi NTT di tahun 2024, kemudian turut dilaksanakan Penyerahan 1 Set Alat Band lengkap dari Penjabat Gubernur NTT untuk Pemerintah Provinsi NTT.

Sebelumnya Pj. Gubernur Ayodhia turut menyerahkan sejumlah piagam penghargaan, diantaranya:

1. Kepada Arsitek Luiz O. Wilson, I. A. I dan Rekan yang merupakan pemenang Sayembara Tahun 2014 design Gedung Sasando,

2. Kepada 10 terbaik penerima penghargaan Penggerak Lintas Komunitas Belajar Dedikatif Tahun 2014.

Upacara ini ditutup tarian Flobamora Mansuek oleh Siswa/i SMA Kristen Mercusuar Kupang, serta tarian Kebalai dari Kabupaten Rote Ndao dan tarian Ja'i dari Kabupaten Ngada yang diikuti bersama oleh Pj. Gubernur Ayodhia dan seluruh tamu undangan.

Usai kegiatan tersebut, Pj. Gubernur NTT dan unsur Forkopimda Provinsi NTT turut mengikuti Upacara Peringatan Detik- Detik Proklamasi di Istana Negara Ibu Kota Negara (IKN) secara virtual dari Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru