Pj Gubernur NTT Launching PIN Polio Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024

Riki Cowang - Selasa, 23 Juli 2024 19:02 WIB
Pj Gubernur NTT Launching PIN Polio Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024
istimewa
Pj Gubernur NTT Launching PIN Polio Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024
bulat.co.id - Bertempat di Ruang Rapat Asisten Kantor Gubernur NTT pada Selasa 23 Juli 2024 dilaksanakan Launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024.

Advertisement
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, SH, MDC dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT drg. Iien Adriany, M.Kes.

Turut hadir diantaranya Danrem 161 Wira Sakti Kupang Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, unsur Forkopimda, Para Asisten Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Pimpinan Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, Perwakilan UNICEF Provinsi NTT dan NTB, Perwakilan WHO Provinsi NTT, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) NTT, Ketua Komite Daerah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KOMDA KIPI) Provinsi NTT, para anak-anak dan orang tua.

Baca Juga:

Pj. Gubernur Ayodhia G.L. Kalake mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menjalin kolaborasi untuk pencegahan penyakit polio.

"Kegiatan hari ini merupakan momentum bagi kita untuk meningkatkan komitmen dan kolaborasi semua pihak (multistake holder) bagi pencapaian target program imunisasi serta memutuskan rantai penyebaran kasus kejadian luar biasa (KLB) polio yang sudah terjadi di 8 provinsi di Indonesia yaitu, Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Banten. Ini juga bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dalam penanganan polio yang kita laksanakan di seluruh 22 kabupaten/kota di di wilayah Provinsi NTT," ungkap Pj. Gubernur.

"Harapan saya tentu anak-anak kita selalu dalam keadaan sehat dan tentu kita sebagai orang tua juga berperan dalam ikut menjaga kesehatan anak-anak kita serta menjaga asupan gizi yang baik. Tidak lupa juga terima kasih kepada orang tua yang sudah membawa anak-anak untuk mendapatkan imunisasi polio ini," tambahnya.

Launching Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024 ditandai dengan pemberian imunisasi Polio oleh Pj. Gubernur NTT kepada perwakilan seorang anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT drg. Iien Adriany, M.Kes menerangkan imunisasi Polio secara masal yang dilakukan serentak bersama provinsi-provinsi yang lain untuk peningkatan kekebalan tubuh bagi anak.

"Total terdapat 910.087 anak NTT yang diimunisasikan. Target hariannya dilakukan kepada 123.512 anak per hari di 22 kabupaten/kota. Imunisasi Polio ini dilakukan selama 7 hari dengan putaran pertama pada tanggal 23-29 Juli dan putaran kedua pada tanggal 6-12 Agustus," kata drg. Iien.

"Saat ini kita sudah mendapatkan logistik imunisasai Polio dari pusat sebanyak 1.138.200 vial dan semua sudah didistribusikan ke 22 kabupaten/kota se-NTT untuk dilaksanakan imunisasi dengan titik lokasi sebanyak 135 Puskesmas dan 10.810 Posyandu dengan dibantu oleh tokoh masyarakat serta Babinkantibmas dan Babinsa," Tutup Kadis Kesehatan Provinsi NTT.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru