Pj Gubernur Sampaikan Persoalan Tanah di NTT

Kementerian ATR/BPN Diminta Fasilitasi untuk Pembuatan Akta
Riki Cowang - Jumat, 15 September 2023 15:45 WIB
Pj Gubernur Sampaikan Persoalan Tanah di NTT
istimewa
Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto secara resmi membuka Rakernas III IPPAT yang dirangkai dalam acara Gala Dinner di Hotel Jayakarta. (foto Biro APS NTT)

bulat.co.id -NTT | Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake menghadiri acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III dan Upgrading Pengurus Pusat Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Kamis (14/9) malam.

Advertisement

Acara tersebut dibuka Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Hadi Tjahjanto. Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur Ayodhia menyampaikan beberapa persoalan terkait pertanahan di NTT, antara lain tanah yang kekurangan riwayat aktual untuk klaim, ganda sertifikat, dan selisih pendapat dengan masyarakat adat.

Baca Juga:


Baca Juga :Pj Gubernur NTT Pantau Langsung Harga Sembako di Mini Market dan Swalayan


"Kami berharap adanya dukungan dari Kementerian ATR/BPN dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) untuk menfasilitasi pembuatan akta tanah yang otentik sesuai peraturan yang berlaku. Di mana tetap mengedepankan integritas dan komitmen terhadap kode etik organisasi, kata Ayodhia.

Menurut Ayodihia, seturut pengalamannya saat menjadi Deputi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, tanah adalah aset yang sangat berharga. "Pembebasan lahan umumnya menjadi bottleneck (sumber masalah-red) yang penyelesaiannya membutuhkan banyak waktu. Bahkan tak jarang terjadi konflik dengan masyarakat berkaitan dengan status tanah. Hal ini tentu butuh pendekatan khusus," jelas Ayodhia.

Selanjutnya, Ayodhia berharap agar para peserta Rakernas IPPAT dari seluruh Indonesia dapat menikmati keindahan Labuan Bajo dan pulau-pulau sekitarnya serta berbelanja UMKM masyarakat untuk dijadikan cendera mata.

"Terima kasih atas kepercayaannya untuk jadikan Labuan Bajo sebagai tempat penyelenggaraan Rakernas. Selamat mengeksplor Labuan Bajo dan destinasi wisata sekitarnya seperti Pulau Komodo, Pulau Padar, Pulau Rinca dan Pink Beach. Selamat berbelanja produk UMKM masyarakat NTT yang dapat dijadikan cindera mata untuk keluarga dan kenalan," pungkas Ayodhia.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru