Pastikan Izin Bangunan dan Amdal, Wabup Asahan Sidak PT MultiMas Nabati Asahan

Yusnar - Rabu, 25 Oktober 2023 10:00 WIB
Pastikan Izin Bangunan dan Amdal, Wabup Asahan Sidak PT MultiMas Nabati Asahan
Istimewa

bulat.co.id -BATUBARA | Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, melakukan kunjungan (sidak) ke PT MultiMas Nabati Asahan (Wilmar Group) di Kuala Tanjung, pada Senin (23/10/23) kemarin.

Advertisement

Wabup Oky turut didampingi Kepala Dinas Perizinan, Kadis Tenaga Kerja, Kadis Perkim, Kadis PUTR dan disambut oleh Edy Kho sebagai JM PT MNA beserta staf.

Baca Juga:

Wabup Batubara kepada wartawan Selasa (24/10/23) menyebutkan kunjungan tersebut mempertanyakan terkait beberapa izin-izin bangunan untuk memperoleh Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) sebagaimana diatur dalam PP 16/2021 dan UU Cipta Kerja., harus mengurus Sertifikat Laik Fungsi (SLF) berdasarkan ketentuan PP 16/2021.

Baca Juga :Perangi Narkoba, Polres Labuhanbatu Perketat Penjagaan di Perbatasan

"Kewajiban untuk melengkapi setiap pembangunan gedung dengan PBG berlaku kepada setiap orang, dan tidak ada pengecualian untuk penduduk asli sekalipun yang sudah terlanjur membangun bangunan tanpa adanya PBG," ujarnya.

Wabup juga mempertanyakan mengenai izin amdal PT MNA, mengigat luas kawasan industri mna sudah melebihi 70 hektar. Bila perusahaan besar tidak memiliki analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) atau melanggarnya dikemudian hari, maka Pemerintah berhak mencabut izin usahanya.

Dijelaskan Oky, hal itu juga berdasarkan Omnibus law Undang-undang Cipta Kerja resmi diundangkan sebagai Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 setelah ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 2 November 2020.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru