SMKN di Kota Psp Jadi Favorit Calon Peserta Didik Se-Tabagsel

Suhut Gultom - Jumat, 19 Mei 2023 20:12 WIB
SMKN di Kota Psp Jadi Favorit Calon Peserta Didik Se-Tabagsel
Istimewa

bulat.co.id - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Padangsidimpuan (Psp) sangat diminati warga se- Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang terdiri dari Kab Tapanuli Selatan (Tapsel) Padang Lawas (Palas), Padang Lawas Utara (Paluta), Mandailing Natal (Madina) dan Kota Psp untuk menuntut ilmu di SMKN.

Advertisement

Baca Juga:

Dimana, dari jumlah pendaftar meningkat pada PPDB 2023 di sejumlah Sekolah SMKN di Kota Psp. Terlihat sejumlah Pelajar bersama orangtua yang berasal dari luar Kota Psp di seluruh jalur pendaftaran di 4 SMKN yang ada di Kota Psp, demikian hal dikatakan pemerhati pendidikan Nasaruddin Nasution di Kantornya, Jumat (19/5/2023).

Baca Juga: PPDB SMA Kota Psp Bersamaan Waktu Dengan Ujian Akhir SMP

Terpisah, saat ditemui di ruang kerjanya Jumat (19/5/2023) siang Ka SMKN 1 Psp Adanan Harahap menjelaskan bahwa ada beberapa faktor bagi pendaftar yang memilih SMKN pada PPDB 2023 ini. Selain SMKN memiliki nilai tambah untuk pengembangan keahlian siswa, juga saat ini lulusan SMKN sudah mampu bekerja di berbagai sektor industri dan juga kerja mandiri.

Untuk mempermudah calon peserta didik dalam proses pendaftaran yang sifatnya secara online, SMKN 1 menyediakan jaringan Wifi gratis selama masa PPDB 2023.


SMKN 1 membuka kuota penerimaan 648 siswa yang terdiri dari 6 jurusan yakni 144 siswa Teknik Komputer dan Jaringan, 144 Siswa Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, 144 siswa Akuntansi, 144 siswa Keuangan Lembaga, 144 siswa Agribisnis, 72 siswa Pengolahan Hasil Pertanian, 72 siswa Bisnis Daring dan Pemasaran, 72 siswa Asisten Keperawatan tanpa asrama, jelas Adanan

Sementara, ketika dihubungi melalui ponselnya Ka SMKN 3 Kota Psp Sulaiman Harahap mengatakan pendaftar di Sekolahnya tidak pernah menurun, bahkan pada PPDB 2023 ini naik.

"Peminat sejumlah SMKN kian banyak kemungkinan salahsatunya pendaftaran peserta didik baru berdasarkan zonasi persentasenya kecil yakni 10 %, sehingga orangtua atau calon siswa yang berdomisili di luar Kota Psp memilih mendaftarkan anaknya ke Sekolah Kejuruan yang ada di Kota ini," ucapnya.

Dijelaskannya, bagi Calon Peserta Didik Baru ataupun orang tua dan masyarakat yang ingin membutuhkan informasi, terkait PPDB dapat mengunduh Aplikasi PPDB Dinas Pendidikan Provsu.

Kami membuka kuota penerimaan sebanyak 396 orang yang terdiri dari 4 kompetensi keahlian yakni, 72 siswa Teknik Komputer dan Jaringan, 144 siswa Tata Busana, 108 siswa Tata Boga, 72 siswa Tata Kecantikan Kulit dan Rambut, jelasnya.

"Demikian juga, Waka SMKN 2 dikenal dengan sebutan STM, Budi Saputra menyampaikan bahwa di Sekolah ini terdapat 7 jurusan dengan kuota 612 orang yaitu, Desain Permodelan Informasi Bangunan 108 siswa Bisnis Konstruksi Properti 72 siswa, Teknik Audio Video 72 siswa, Teknik Bisnis Sepeda Motor 72 siswa, Teknik Kenderaan Ringan Otomotif 72 siswa, Teknik Instalasi Tenaga Listrik 72 siswa, dan Teknik Pemesinan 72 siswa. Dimana, ada beberapa jurusan yang pendaftarannya sudah melebihi kuota," sebut Budi

Sementara, data yang diperoleh dari SMKN 4 yang dipimpin Jas Amri ini membuka kuota penerimaan sebanyak 360 orang. Terdiri dari 5 jurusan dengan daya tampung yakni, Teknik Kenderaan Ringan 108 siswa, Akuntansi dan Keuangan Lembaga 72 siswa, Perbankan dan Keuangan Mikro 72 siswa, Desain Komunikasi Visual 72 siswa, Desain Permodelan Informasi Bangunan 36 siswa.


Halaman :
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru