Misteri Bukit Mendelem, Simpan Sejarah Kabupaten Pemalang Ribuan Tahun Yang Lalu

- Selasa, 04 April 2023 09:00 WIB
Misteri Bukit Mendelem, Simpan Sejarah Kabupaten Pemalang Ribuan Tahun Yang Lalu
Advertisement

Gunung Mendelem merupakan sebuah Bukit yang terletak pada alur deratan punggung Gunung Slamet, yang membujur ke timur, tetapi menyendiri dari deretan tersebut, tepatnya diapit oleh deretan punggung pegunungan Slamet yang mengarah ke utara, dengan ketinggian 1450 mdpl diatas permukaan laut.

Baca Juga:

Arti bahasa Mendelem sendiri berasal dari satu kata yaitu Mendem, jadi mendelem dari kata mendem mendapat sisipan kata EL menjadi mendelem, yang mempunyai makna tempat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta atau Pepunden untuk dapat mengurai problematika kehidupan. Dari kata mendem itulah petunjuk kuat bahwa Gunung Mendelem sebagai peninggalan sejarah. Bahwa pada masa lalu telah terjadi peradaban yang meng- indikasikan ritualisme masyarakatnya.

Adapun nama lain dari Gunung Mendelem yaitu Gunung Jimat dan Giri Wasiat, karena Gunung tersebut dikeramatkan oleh masyarakat setempat sebagai Gunung yang banyak menyimpan benda-benda pusaka atau Ajimat. Keberadaan petilasan seperti Damar wulan, Raden Patah sebagai bukti bahwa yang berangkutan pernah berziarah kesana, bahkan Presiden Soekarno maupun Presiden Suharto konon pernah berkunjung kesana.

Menurut cerita di puncak Gunung Mendelem juga terdapat makam Rahyangta Penaraban dan istrinya Nini sekar Melati, petilasan Damarwulan, petilasan Raden Patah dan Petilasan Syeh Maulana Maghribi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru