Apakah Daerah Pemalang Erat Kaitannya Dengan Kerajaan Galuh Purba? Ini Penjelasanya

- Rabu, 05 April 2023 16:00 WIB
Apakah Daerah Pemalang Erat Kaitannya Dengan Kerajaan Galuh Purba? Ini Penjelasanya
Advertisement


Baca Juga:


Dalam kajiannya, ahli filologi berkebangsaan Belanda itu menyiratkan bahwa rumpun Bahasa Banyumasan yang eksis saat ini lebih tua dibandingkan dari sub bahasa yang digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa lainnya. "Bahasa Ngapak inilah yang ditengarai digunakan oleh masyarakat Kerajaan Galuh Purba," katanya.



Lalu, dimanakah tepatnya Galuh Purba? Kajian Van der Meulen tidak menyebut lokasi tepat, hanya menyebut di sekitar wilayah Gunung Slamet. Hal itu berarti kemungkinan bisa di wilayah yang kini masuk Banyumas, Brebes, Tegal, Pemalang atau Purbalingga.



"Memang belum ada catatan pasti, namun setidaknya di Purbalingga ditemukan dua prasasti, yaitu Prasasti Cipaku dan Prasasti Bukateja yang diperkirakan berasal dari sekira abad ke 5. Kalau di wilayah lereng Gunung Slamet lain, belum ditemukan prasasti," ujar Gunanto.



Pemerhati sejarah Kabupaten Pemalang Rabadi menambahkan dalam diskusinya dengan timbulat.co.id, Rabu (5/4/2023) siang, menambahkan ada dugaan sementara bahwa Daerah PAMALANG ( sekarang Kabupaten Pemalang ),termasuk dulu masuk dalam wilayah kerajaan Galuh Purba, karena dalam tulisan di atas disebutkan bahwa kerajaan Galuh Purba berada di lereng Gunung Slamet, hal ini terbukti dengan beberapa situs purba yang ada di beberapa tempat di Daerah Pemalang, diantaranya Situs Plawangan, Gunung Mendelem dan Gunung Gajah ( dengan situs purbakalanya Semedo ) , Gunung Gajah sendiri sekarang ada sebagian yang masuk wilayah Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru