Apa Saja Makana Sunah yang Mengandung Segudang Nutrisi?

- Selasa, 28 Maret 2023 09:09 WIB
Apa Saja Makana Sunah yang Mengandung Segudang Nutrisi?
Istimewa
Barley


Advertisement

Baca Juga:

5. Madu

Madu juga tergolong bahan makanan yang disebut manfaatnya dalam hadis. Rasulullah SAW mengatakan, "Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur'an dan madu." [Shahih Bukhari].

Keistimewaan madu ialah memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Konsumsi madu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah. Gangguan pencernaan juga bisa diredakan dengan konsumsi madu secara rutin.

6. Mentimun

Abdullah bin Ja'far mengatakan, "Rasulullah SAW memakan mentimun dengan kurma yang matang (sebelum menjadi tamar)." [At-Tirmidzi]. Mentimun yang dimaksud bernama qith'tha atau mentimun liar.

Dari segi nutrisi, konsumsi mentimun baik untuk menghidrasi tubuh karena sayuran ini mengandung 95% air. Mentimun juga tinggi antioksidan dan bersifat antiinflamasi. Mengonsumsinya saat ramadan bisa mencegah bau mulut.

7. Barley

Barley atau jelai adalah jenis biji-bijian kaya serat yang kerap jadi bahan baku pembuatan kue atau roti. Barley juga jamak dikonsumsi sebagai sereal, sup, sampai alternatif pengganti nasi.

Barley kaya vitamin dan mineral. Barley juga merupakan sumber antioksidan dan serat yang tinggi. Konsumsinya dikenal bagus untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Aisyah (RA) berkata: "Ketika seorang anggota keluarga Rasulullah (SAW) jatuh sakit, dia akan memerintahkan agar dibuat sup barley dan kemudian orang yang sakit akan diperintahkan untuk memakannya. Dia biasa berkata, 'Itu memperkuat hati orang yang sedih dan meringankan hati orang yang sakit, seperti salah satu dari kalian akan mencuci kotoran dari wajah dengan air'." [Ibn Majah].

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru