Anak-anak Juga Butuh Sunscreen, Namun Ada Tata Caranya

- Minggu, 30 April 2023 16:30 WIB
Anak-anak Juga Butuh Sunscreen, Namun Ada Tata Caranya
Istimewa
Ilustrasi


Advertisement

Baca Juga:

2. Aplikasikan 15 menit sebelum anak keluar rumah

Orang tua harus mengaplikasikan sunscreen kepada anak kapanpun ia ingin berkegiatan di luar rumah. Untuk hasil terbaik, aplikasikan sunscreen 15 hingga 30 menit sebelum anak keluar rumah.

3. Jangan lupa bagian telinga, tangan, dan kaki

Jangan lupa aplikasikan sunscreen ke area telinga, tangan, kaki, bahu, dan belakang leher. Jika anak ingin berenang, angkat tali baju renangnya dan oleskan tabir surya di bawahnya. Lindungi pula bibir anak dengan pelembap bibir SPF 30.

4. Aplikasi ulang setiap 2 jam

Orang tua juga perlu secara teratur reapply sunscreen ke kulit anak, paling tidak setiap dua jam sekali. Aplikasikan ulang setelah anak berkeringat atau berenang.

5. Hati-hati area sekitar mata

Terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan saat memakaikan sunscreen kepada bayi. Untuk bayi di bawah 6 bulan, orang tua bisa memakaikan tabir surya di area wajah saja. Sementara untuk bayi usia di atas 6 bulan, boleh dipakaikan ke seluruh area tubuh. Namun, perhatikan area di sekitar mata anak saat memakaikan sunscreen. Jika area mata terkena krim tabir surya, maka bersihkan bagian yang terkena dengan kain lembap.

6. Kandungan sunscreen

Orang tua juga harus memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam sunscreen anak. Produk sunscreen untuk anak harus mengandung salah satu dari tiga bahan seperti titanium dioksida, zinc oksida, dan avobenzon. Bahan-bahan ini cenderung lebih tebal, tetapi memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kulit anak.

Anak juga harus memakai sunscreen saat cuaca panas ekstrem melanda. Namun, pastikan orang tua tetap memperhatikan tata cara pakai hingga bahan-bahan yang terkandung dalam sunscreen agar tetap aman untuk kulit sensitif anak.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru