Anak-anak Juga Butuh Sunscreen, Namun Ada Tata Caranya

- Minggu, 30 April 2023 16:30 WIB
Anak-anak Juga Butuh Sunscreen, Namun Ada Tata Caranya
Istimewa
Ilustrasi

bulat.co.id - Penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat dianjurkan saat cuaca panas ekstrem melanda akhir-akhir ini. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga harus pakai sunscreen sebagai perlindungan kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Advertisement

Baca Juga:

Kementerian Kesehatan memang menganjurkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan sat cuaca panas melanda. Namun, rasa-rasanya hal tersebut hampir mustahil diterapkan kepada anak-anak. Pasalnya, bermain menjadi kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari anak, tak terkecuali bermain di luar ruangan.

Baca Juga: Suhu Panas 'Serang' Indonesia, Jangan Sampai Anak Kena Dehidrasi">Suhu Panas 'Serang' Indonesia, Jangan Sampai Anak Kena Dehidrasi

Karena itu tak sedikit orang tua yang khawatir jika sang anak berkegiatan di luar rumah di tengah cuaca panas yang melanda. Padahal, sama halnya seperti orang dewasa, anak juga bisa dan harus dipakaikan tabir surya untuk melindungi kesehatan kulit mereka dari paparan sinar matahari.

The American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan semua anak, apapun warna kulitnya, untuk menggunakan sunscreen saat berkegiatan di luar ruangan. Sama seperti orang dewasa, anak juga harus memakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih.

Dilansir dari CNN Indonesia, Minggu (30/4/2023), penggunaan sunscreen dapat dimulai sejak bayi di bawah usia 6 bulan. Namun, orang tua harus ekstra hati-hati dalam memakaikan sunscreen kepada anak.

Berikut ini sejumlah tata cara dan tips pemakaian sunscreen pada anak saat cuaca panas:

1. Pilih sunscreen SPF 30 atau lebih

Sebelum membeli sunscreen untuk anak, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan. Perhatikan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih untuk anak, dapat melindungi kulit anak dari paparan sinar UVA dan UVB, serta pilih sunscreen yang water resistant sehingga mampu melindungi anak saat berada di dalam air paling tidak selama 40 hingga 80 menit.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru