Balai Besar Karantina Belawan Periksa Barang Impor Pertanian

- Selasa, 07 Februari 2023 23:27 WIB
Balai Besar Karantina Belawan Periksa Barang Impor Pertanian
Istimewa
Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Lenny Hartati Harahap
bulat.co.id -Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, melakukan pemeriksaan terhadap barang pertanian impor yang masuk ke Sumatera melalui pelabuhan Belawan, Selasa (7/2/2023).

Dalam pemeriksaan seluruh tenaga kerja bongkar muat mengunakan alat pelindung diri untuk mencegah penyebaran penyakit dari barang impor yang masuk ke Indonesia.

Baca Juga:Sumut Expor 1130 Ton Kakao Biji Naik 41,25 Persen Dari Tahun 2021

Petugas Balai Karantina Pertanian Belawan dengan mengandeng buruh tenaga kerja bongkar muat, melakukan pemeriksaan sejumlah kontainer berisi kacang dan kurma impor yang masuk ke Sumatera Utara (Sumut) melalui pelabuhan Belawan.

Dalam pemeriksaan petugas dari karantina pertanian dengan mengandeng para buruh tenaga kerja bongkar muat, agar mengunakan alat pelindung diri dari mulai mengunakan helem, rompi, masker dan sarung tangan.


Dalam penanganan sejumlah barang pangan seperti, kacang-kacangan dan kurma dari dua kontainer yang diambil sempelnya untuk dibawa ke laboratorium guna diperiksa, jika terdapat virus atau bakteri berbahaya, maka barang tersebut tidak diizinkan beredar.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Lenny Hartati Harahap mengatakan pemeriksaan barang impor berupa media dari luar negeri dibantu oleh para tenaga kerja bongkar muat dengan penanganan meningkatkan kompetensi yang baru pertama kali dilakukan.

"Ini untuk mendukung stategi nasional pencegahan korupsi dapat mempercepat bongkar muat barang di Pelabuhan," kata Lenny, Selasa (7/2/2023).

Supervisi operasional TPFT PT Graha Segara, Ahmad Safei menjelaskan dengan adanya petugas karantina yang melakukan pelatihan terhadap para buruh bongkar muat akan melakukan bongkar muat berbagai jenis barang impor.

"Dengan adanya pelatihan khusus terhadap para buruh bongkar muat, selain dapat mempercepat proses bongkar muat, juga mencegah masuknya virus dari luar," jelas Ahmad.

Advertisement
Halaman :
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru