Pakar UGM Sebut Semeru Tak Ada Hubungannya Dengan Tsunami di Jepang

- Senin, 05 Desember 2022 10:15 WIB
Pakar UGM Sebut Semeru Tak Ada Hubungannya Dengan Tsunami di Jepang
Tangkapan Layar
Pengumuman PVMBG melalui Twitter, Minggu (4/12/2022), terkait erupsi Gunung Semeru yang tidak ada hubungannya dengan Tsunami Jepang.



Bahkan, kata dia, awan panas yang dihasilkan oleh Gunung Semeru ini tak sampai berhembus ke laut. Sehingga tidak ada potensi bencana hingga ke Jepang. Sandy pun tidak tahu dasar perkiraan Jepang yang bersiaga tsunami imbas terjadinya erupsi di Gunung Semeru.

Via media sosial, PVMBG menilai erupsi Gunung Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah hoaks.

"Dampak erupsi saat ini adalah abu vulkanik yang dapat mendampak bagian barat daya, barat, dan selatan Gunung Semeru," kicau akun twitter PVMBG, Minggu (4/12/2022).

"Kabar yang beredar bahwa erupsi Semeru dapat menyebabkan tsunami adalah tidak benar," lanjut keterangan tersebut.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang memantau ancaman gelombang tsunami yang meningkat di daerah pesisir negaranya imbas Gunung Semeru

Stasiun Televisi Jepang NHK melaporkan gelombang tsunami bisa mencapai pesisir Prefektur Okinawa secepat-cepatnya sekitar pukul 05.30 GMT atau sekitar 12.30 WIB hari ini.

Okinawa, prefektur di bagian paling selatan Jepang, terdiri dari ratusan pulau yang disebut Kepulauan Ryukyu. Daerah ini juga menjadi basis pangkalan militer Amerika Serikat di Pasifik.

Belakangan, dikutip dari NHK oleh Reuters, Badan Meteorologi Jepang mengatakan tidak ada dampak tsunami dari erupsi Semeru itu.

Advertisement
Baca Juga:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru