Pakar UGM Sebut Semeru Tak Ada Hubungannya Dengan Tsunami di Jepang

- Senin, 05 Desember 2022 10:15 WIB
Pakar UGM Sebut Semeru Tak Ada Hubungannya Dengan Tsunami di Jepang
Tangkapan Layar
Pengumuman PVMBG melalui Twitter, Minggu (4/12/2022), terkait erupsi Gunung Semeru yang tidak ada hubungannya dengan Tsunami Jepang.

bulat.co.id -Sejumlah pakar mengungkap erupsi Gunung Semeru tak terkait dengan potensi tsunami, apalagi di Jepang. Apa sebabnya?

Advertisement

Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, sempat mengalami 22 kali letusan usai statusnya naik menjadi Awas, Minggu (4/12) siang. Rangkaian erupsi itu beramplitudo 10-35 mm dengan lama gempa 60-140 detik.

Awan panas guguran Gunung Semeru pun menjangkau kurang lebih 13 kilometer ke arah tenggara meski tidak sampai ke laut.

Pakar Sistem Informasi Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Sandy Budi Wibowo mengatakan erupsi Gunung Semeru tak relevan jika dikaitkan dengan prakiraan tsunami di Jepang karena berbagai sebab.

Baca Juga:Gunung Semeru Erupsi, Wilayah Selatan Jepang Terancam Diterjang Tsunami" target="_blank">Gunung Semeru Erupsi, Wilayah Selatan Jepang Terancam Diterjang Tsunami

"Melihat lokasi geografis Gunung Semeru, arah letusan dan magnitude-nya, nampaknya tidak bisa dikaitkan dengan perkiraan tsunami di Jepang," katanya, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Senin (5/12/2022).

Senada, Koordinator Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Oktory Prambada mengatakan erupsi gunung ini tak ada hubunganya dengan tsunami lantaran Semeru berada di darat.

"Tidak ada tsunami ya, erupsi semeru ini kejadiannya di darat dan hanya mendampak 13 kilometer ke arah tenggara semeru," ujarnya.

Baca Juga:
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru