Tak Ada Perayaan Natal di Bethlehem Palestina, Ini Alasannya

Hadi Iswanto - Minggu, 24 Desember 2023 15:35 WIB
Tak Ada Perayaan Natal di Bethlehem Palestina, Ini Alasannya
Kota Bethlehem tak rayakan natal tahun ini
bulat.co.id -Kota Bethlehem Tepi Barat Palestina dikenal sebagai kota kelahiran Yesus Kristus. Wajar bila setiap Natal, kota yang diduduki Israel ini dipenuhi wisatawan. Namun tahun ini, tak ada perayaan Natal di sana.

Kota tersebut di tahun ini terlihat sepi. Tak ada gema lonceng gereja hingga pernak-pernik pohon natal menghiasi jalanan Kota Bethlehem yang bagaikan labirin itu.

Advertisement

"Para pemimpin setempat membuat keputusan bulan lalu untuk mengurangi perayaan sebagai bentuk solidaritas terhadap penduduk Palestina, saat pertempuran sengit terjadi antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza," demikian dikutip dari CNN, Minggu (24/12).

Baca Juga:

Sebagian warga Bethlehem memang memiliki ikatan yang kuat dengan warga Palestina di Gaza.

Perayaan Natal kali ini berlangsung di tengah agresi brutal Israel yang masih berlangsung di Jalur Gaza yang sejak 7 Oktober lalu telah menewaskan lebih dari 20.200 warga sipil.

Pastor Francesco Patton dari kelompok gereja Custody of the Holy Land di Bethlehem sebelumnya telah mengatakan bahwa pihaknya hanya akan merayakan Hari Natal tahun ini dengan tenang dan sederhana, tanpa ada perayaan atau perkumpulan di alun-alun kota.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru